The Best College Academy of Our Small City

Membuat file index.php

Setelah Anda selesai membuat file header.php dan file menu.php maka langkah selanjutnya adalah membuat file index.php. File index digunakan sebagai halaman awal dari suatu website. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat file index.php:
  1. buat file php baru, kode html tidak perlu dihapus. (Jika Anda lupa cara membuat file php baru silahkan lihat tutorial sebelumnya melalui link ini.)
  2. Tulis judul halaman dengan "Sistem Informasi Kepegawaian".
  3. buat tabel dengan ketentuan sebagai berikut: jumlah kolom = 1, jumlah baris = 4, ukuran tabel = 960 pixcel, border thickness = 0, cell padding = 0, cell spacing = 0, align tabel = center, bg color = putih. Hasilnya nampak pada gambar di bawah ini.
    (Jika Anda lupa cara membuat tabel, lihat tutorial sebelumnya melalui link ini.)
  4. Berikan background pada halaman index, caranya klik menu modify kemudian klik page properties. pilih gambar background dengan klik tombol browse, pilih gambar dengan nama bg lalu klik OK. Setelah itu klik OK lagi.




  5. Hasilnya nampak pada gambar di bawah ini.
  6. letakkan kursor pada baris ke dua pada tabel kemudian beri warna merah, lakukan hal yang sama pada baris ke empat.
  7. Hasilnya nampak pada gambar di bawah ini.
  8. Letakkan kursor pada baris ke tiga pada tabel kemudian klik kanan, pilih table, klik split cell. pilih column, number of columns diisi dengan angka dua, klik OK. setelah baris terbagi menjadi dua, geser garis pembatas ke kiri sampai ukurannya berubah menjadi 240 pixcel



  9. Tulis nama dan alamat perusahaan pada baris ke tiga kolom ke dua kemudian atur tipe huruf, ukuran huruf dan warna huruf sesuai keinginan kalian.


  10. Letakkan kursor pada baris pertama kemudian masuk ke layer split. Ubah simbol &nbsp; tepat dimana kursor berada menjadi <?php include "header.php"; ?>

  11. letakkan kursor pada baris ke tiga kolom pertama kemudian berikan background image dengan cara klik icon folder pada kolom bg image.

    Setelah itu masuk ke layar split. Ubah simbol &nbsp; tepat dimana kursor berada menjadi <?php include "menu.php"; >?
  12. Hasilnya nampak pada gambar di bawah ini.
  13. Simpan file tersebut dengan nama index.php (Jika Anda lupa cara menyimpan file php, lihat tutorialnya melalui link ini)
  14. Buka file index melalui web browser dengan cara masuk ke alamat localhost/pelatihan

Halaman : 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13

3 comments:

Unknown said...

wakakakaka....... blognya ini ya....

aba harapan bangsa said...

iya hehehe, masih berantakan belum rapi :D

Kasamago said...

Setelah di jadi.. bisa langsung di uplod ke cpanel g gan??

Post a Comment